Alumni Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi Lulus 100 Persen Uji Kompetensi Nutrisionis untuk Sarjana Gizi

      Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi pada tahun 2019 melaksanakan Wisuda Perdana yaitu pada tanggal 26 September. Pengukuhan gelar sarjana di Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi diikuti oleh 87 orang Wisudawan yang terdiri dari 13 wisudawan Program Studi Gizi, 51 Wisudawan Farmasi, dan 23 wisudawan Administrasi Rumah Sakit.

           Wisuda sarjana (S1) bukan merupakan akhir dari pendidikan atau kompetensi bagi lulusan, terutama pada program studi yang notabenenya bidang kesehatan. Lulusan sarjana juga harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Pada Program Studi Gizi, Standar yang harus dimiliki adalah Standar Nasional Nutrisionis yang bertujuan untuk menciptakan tenaga gizi yang bisa menjaga kualitas dengan standar yang telah ditetapkan. Hal tersebut dinyatakan dalam kutipan yang diambil dari ebook Nutrisionis – AIPGI sebagai berikut:

“Untuk menghasilkan Nutrisionis yang kompeten diperlukan standar kompetensi nasional yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Standar Kompetensi Nutrisionis 3 Nomor 374 Tahun 2007 tentang Standar Profesi Gizi yang berisi Standar Kompetensi, Standar Pendidikan, Kode Etik Gizi, dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pekerjaan dan Praktik Tenaga Gizi.”

            Menindaklanjuti hal tersebut, untuk mendapatkan standar kompetensi bagi Sarjana Gizi, lulusan Sarjana Gizi Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi mengikuti Ujian Kompetensi Nutrisionis pada tanggal 28 September 2019 yaitu dua hari setelah Wisuda dilaksanakan. Pada ujian kompetensi Nutrisionis, seluruh lulusan ikut serta dalam ujian kompetensi tersebut yaitu sebanyak 13 Lulusan Sarjana Gizi.

            Ujian kompetensi Nutrisonis yang dilaksanakan pada tgl 28 September 2019 tersebut menetapkan bahwa seluruh Alumni Gizi Universitas Mohammad Natsir Bukitinggi dinyatakan lulus uji kompetensi Nutrisionis yaitu sebanyak 13 orang, artinya pada ujian kompetensi Sarjana Gizi perdana yang diikuti oleh lulusan Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi memberikan hasil yang sangat memuaskan. Daftar nama Alumni yang lulus ujian Kompetensi Nutrisionis sebagai berikut:

  1. Tassya rivarola vittorio
  2. Umul aiman
  3. Nia oktaviani
  4. Fahnita desmaneni
  5. Selina orchi juen
  6. Rima rahim
  7. Pricilia dewi aprinela
  8. Fauziah siti hardianti
  9. Regina
  10. Wahyuni syafrianti sispal
  11. Dini tri utami
  12. Fitriatul hasanah
  13. Iwet rismita

            Penyerahan Sertifikat Komptensi Nutrisionis dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2019 di Jakarta. Sertifikat Kompetensi Nutrisionis diterima langsung oleh Ketua Program Studi Gizi Iza Ayu Saufani, S.Pt., M.Si.

            Universitas Mohammad Natsir mengucapkan selamat kepada Sarjana gizi yang lulus 100 persen dalam ujian Kompetensi Nutrisionis, semoga bisa mengemban tanggung jawab ini, baik sebagai ahli gizi yang profesional maupun sebagai alumni Universitas Mohammad Natsir. Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi mempunyai komitmen yang tinggi dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Sebagai Universitas yang tergolong baru, Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi akan terus berkembang utuk mencetak lulusan yang mempunyai kompetensi dan bisa bersaing baik di dunia akademik maupun di dunia kerja.

Wisuda Angkatan Pertama Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi Tahun 2019

            Wisuda angkatan pertama Universitas Mohammad Natsir pada tanggal 26 September 2019 yang dihadiri oleh Walikota Bukittinggi, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Ketua Senat, Jajaran Civitas Akademika, Ketua Pembina Yarsi Sumbar, Ketua Pengurus Yarsi Sumbar, Orang tua wisudawan/i.

            Sebanyak 87 lulusan program terdiri dari 51 Sarjana Farmasi, 23 Sarjana Administrasi Rumah Sakit dan 13 Sarjana Gizi. Para lulusan Universitas Mohammad Natsir agar bisa menjaga networking dan nama baik almamater serta memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.