Tim Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi Menjadi Harapan Dalam Final Entrepreneurship Award I Kopertis 2017

Kegigihan serta keyakinan menjadi bekal dua mahasiswa Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi dalam mengikuti final Entrepreneurship Award I Kopertis Wilayah X tahun 2017 yang diadakan di Ruang Sidang Lt. II Kopertis Wilayah X Padang. Mardatillah (mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit 2015) dan Albana Wirata (mahasiswa Program Studi Farmasi 2015) berhasil meraih juara harapan dalam lomba tersebut. Proposal Business Plan dengan judul “Campiyun Clothing”:  Ide Kreatif dalam Mendukung Pariwisata Halal dan Edukatif di Kota Bukittinggi’ yang mereka presentasikan dinilai potensial oleh para dewan juri. Pengambilan sudut pandang ‘wisata halal dan edukatif’ menjadi salah satu poin utama proposal bisnis yang mereka ajukan. ‘Halal dan edukatif’ diharapkan dapat menjadi dua kata kunci untuk pengembangan wisata di Kota Bung Hatta itu ke depan.

Perjalanan panjang yang dijalani keduanya selama mengikuti lomba tersebut menjadi bukti bahwa proses tidak pernah mengkhianati hasil. Konsultasi intensif yang mereka lakukan dengan Bapak DR. Muslim Suardi, M.Si., Apt selaku Rektor Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi dan Bapak Dedet Deperiky, SP., M.Si sebagai Dosen Pembimbing dalam lomba inipun berbuah manis. Berkali-kali Mardha dan Albana mendiskusikan kesiapan proposal hingga persiapan teknis presentasi pada final yang berlangsung pada Sabtu 16 Desember 2017 tersebut. Bahkan, sehari menjelang tampil di final, keduanya sengaja meminta kesediaan para dosen untuk menyaksikan ‘gladi bersih’ presentasi yang akan dibawakan di hadapan dewan juri.

Keberhasilan Mardha dan Albana menjadi pencapaian tersendiri bagi Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi. Sebagai kampus yang baru berumur 3 tahun, Universitas Mohammad Natsir terus berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang terdepan dan unggul dalam menghasilkan insan kamil yang berakhlakul kharimah. Diharapkan, pada 2030 nanti, para lulusan Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Untuk mencapai visi tersebut, Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi mencoba mengembangkan diri melalui penguatan kurikulum perkuliahan berbasis early expocure (Pengenalan Dunia Kerja Sedini Mungkin). Dalam kaitan dengan pengenalan prospek dunia kerja inilah penguatan skil mahasiswa di bidang kewirausahaan menjadi salah satu fokus UMN Bukittinggi saat ini.

“Bahagia bisa meraih juara harapan. Harapannya ke depan, semoga bagi adik kelas dapat mengambil pembelajaran atas pencapaian ini dan dapat lebih baik ke depan,” ungkap Mardha pada tim Humas Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi.

Sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian ini, Mardha dan Albana berhak mendapatkan uang pembinaan usaha sebesar Rp 1 juta beserta piagam yang diserahkan langsung oleh pihak Kopertis Wilyah X. Penyerahan hadiah dilangsungkan pada Senin, 18 Desember 2017 di Universitas Baiturrahmah Padang.