Akreditasi RSI Ibnu Sina Padang Panjang

Akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan, setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

RSI Ibnu Sina Padang Panjang pada tanggal 29 November 2017 menyelenggarakan akreditasi rumah sakit KARS 2017, yang dihadiri oleh Ibu Sri Chatin Budirahayu, S.Kp dan Dra. Arofa Idha, M.Farm-Klin selaku Tim Surveior Akreditasi, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Perwakilan Kepala BPJS Kota Padang Panjang , Koordinator Supervisor Yarsi Sumbar dr. Erlinengsih, MARS, Dr. dr. Masrul Sp.Gk, MSc, selaku Pengurus Yarsi Sumbar dan Komite Medik serta Tim Akreditasi RSI Ibnu Sina Padang Panjang.

Bagi rumah sakit, program akreditasi adalah instrumen yang valid untuk mengetahui sejauh mana pelayanan di rumah sakit tersebut memenuhi standar yang berlaku secara nasional. Status terakreditasi juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat atas layanan di rumah sakit dan sebagai alat pencegahan terjadinya kasus malpraktik, Karena dalam melaksanakan tugasnya, tenaga di rumah sakit telah memilki Standar Prosedur Operasional (SPO) yang jelas. Dengan kata lain, akreditasi bagi rumah sakit adalah bentuk pertanggungjawaban (accountability) dan perlindungan kepada masyarakat sebagai pengguna jasanya.